Blog

Tingkatkan Keamanan Siber dengan Solusi Advanced Threat Protection

27 October 2021 Blog

Saat ini, meningkatkan keamanan siber merupakan salah satu tantangan yang luar biasa. Serangan siber menjadi sulit untuk ditaklukan. Menurut Business Software Alliance (BSA), sebanyak 83% perusahaan di Indonesia mudah diretas. Perusahaan harus terus mencari cara agar dapat terhindar dari serangan siber. Kerugian yang sangat besar akan dialami perusahaan jika mengalami serangan siber. Saat ini banyak cara untuk meningkatkan keamanan siber, salah satunya yaitu dengan menggunakan solusi Advanced Threat Protection. Bagaimana Advanced Threat Protection dapat meningkatkan keamanan siber? Mari kita bahas lebih lanjut mengenai Advanced Threat Protection meningkatkan keamanan siber dan cara kerja Advanced Threat Protection meningkatkan keamanan siber.

Tingkatkan Keamanan Siber dengan Solusi Advanced Threat Protection

Advanced Threat Protection atau yang biasa disebut dengan ATP, merupakan salah satu solusi keamanan IT yang dapat melindungi perusahaan Anda dari serangan siber dan malware yang semakin canggih untuk mencuri atau merusak data sensitif yang dimiliki perusahaan Anda. ATP dapat membantu perusahaan Anda terhindar dari serangan siber sebelum serangan siber tersebut menyerang, sehingga perusahaan Anda akan selalu berada lebih unggul dibanding penjahat siber. Hal tersebut dapat terjadi karena Advanced Threat Protection mampu memprediksi vektor sehingga tim IT menjadi lebih mudah untuk bertahan melawan penjahat siber. Keamanan siber perusahaan Anda akan semakin meningkat dengan menggunakan Advanced Threat Protection karena mampu melindungi serangan siber dan malware yang semakin sulit untuk dilacak.

Cara Advanced Threat Protection Meningkatkan Keamanan Siber

Serangan siber semakin sulit untuk dilacak keberadaannya pada sistem IT perusahaan. Advanced Threat Protection mampu mengatasi serangan siber yang semakin sulit dilacak. Berikut adalah cara kerja Advanced Threat Protection:

  1. Memeriksa Cache

Sistem ATP akan melakukan pencarian cache. Cache yang ada pada file akan diperiksa untuk menentukan file tersebut termasuk pada kategori berbahaya atau tidak.

  1. Pemindaian oleh Antivirus

Elemen kunci keamanan Advanced Threat Protection adalah pemindaian antivirus. Email atau area rentan lainnya akan dilakukan pemindaian terhadap virus yang mencoba menyusup ke sistem perusahaan Anda.

  1. Melakukan Analisis Secara Statis dan Dinamis

Analisis secara statis adalah proses pemeriksaan file untuk melihat apakah suatu file menunjukkan tanda-tanda adanya kode berbahaya atau instruksi yang mencurigakan. Advanced Threat Protection juga mampu menganalisis secara dinamis. File yang terdeteksi mencurigakan akan dilakukan pengendalian di lingkungan yang terkendali oleh tim IT, sehingga tim IT akan mengamati file yang mencurigakan apakah termasuk file berbahaya atau tidak. Pengamatan di lingkungan yang terkendali oleh tim IT, dilakukan pada salah satu layanan ATP yaitu MSSP (Managed Security Service Provider) menggunakan sandboxing. Analisis secara dinamis ini dapat menjadi pertahanan yang baik untuk ransomware karena mengandung threat yang berbahaya dan akan membuatnya menjadi tidak berbahaya.

Melihat bagaimana Advanced Threat Protection mampu meningkatkan keamanan siber perusahaan membuat pandangan kita akan keamanan siber semakin meluas. Inilah saatnya perusahaan Anda mengimplementasikan solusi Advanced Threat Protection untuk melindungi perusahaan Anda dari serangan siber yang semakin berbahaya.

Aplikas Servis Pesona merupakan perusahaan IT security yang memiliki layanan solusi Advanced Threat Protection. Aplikas Servis Pesona merupakan anak perusahaan Phintraco Group, sudah melayani perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia lebih dari 18 tahun.

Hubungi kami melalui email di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Advanced Threat Protection.

 

Referensi:

https://www.fortinet.com/resources/cyberglossary/advanced-threat-protection-atp

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5f44d2505115c/ada-88-4-juta-serangan-siber-83-perusahaan-ri-rentan-diretas

 

Artikel terkait:

Solusi Advanced Threat Protection Melindungi Perusahaan dari Serangan Advanced Threat

Leave a Reply

Your email address will not be published.