Blog

Tanda Tangan Elektronik dan Tanda Tangan Digital: Apa Perbedaannya?

05 January 2022 Blog

Teknologi semakin berkembang dengan pesat. Semakin banyak juga istilah-istilah teknologi yang kita dengar namun kurang memahami maknanya. Tidak banyak orang yang salah dalam menggunakan istilah-istilah teknologi. Contohnya seperti istilah tanda tangan elektronik. Tidak jarang orang menyebut tanda tangan elektronik menjadi tanda tangan digital. Nyatanya, hal tersebut memiliki arti yang sangat berbeda. Apa sih perbedaan tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital? Mari kita pahami perbedaannya.

Apa Perbedaan Tanda Tangan Elektronik dan Tanda Tangan Digital?

Secara fungsi, tanda tangan eletronik dan tanda tangan digital jelas berbeda. Tanda tangan elektronik atau dalam bahasa inggris disebut dengan electronic signature adalah suatu tanda keaslian ketika seseorang melakukan transaksi secara elektronik. Sedangkan tanda tangan digital adalah sebuah teknologi enkripsi pelengkap electronic signature yang berisi metadata penting. Solusi teknologi electronic signature mempunyai kelebihan, salah satunya adalah teknologi enkripsi. Jadi tanda tangan digital merupakan bagian dari electronic signature, bukan terpisah. Pada dasarnya, tanda tangan elektronik adalah catatan yang mengikat secara hukum dan tanda tangan digital adalah teknologi dasar yang membantu memverifikasi keaslian transaksi atau dokumen tersebut.

Contoh Penggunaannya

Tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital memiliki fungsi yang berbeda, sehingga informasi yang didapat juga berbeda. Tanda tangan elektronik berisi informasi seseorang yang menandatangani dokumen elektronik beserta isi dari dokumen itu sendiri. Lalu, tanda tangan digital mengamankan data sensitif, melindungi dari gangguan, dan berisi informasi latar belakang penting lainnya yang mendukung electronic signature. Dapat disimpulkan bahwa tanda tangan elektronik memudahkan pengguna untuk menandatangani perjanjian dan menyelesaikan transaksi, sedangkan tanda tangan digital memberikan lapisan keamanan dan keaslian pada electronic signature. Anda harus memastikan bahwa ketika Anda menggunakan electronic signature, terdapat fitur tanda tangan digital untuk memastikan perlindungan data yang Anda butuhkan.

Penggabungan Fungsi Jadi Fitur Lengkap

Penggabungan fitur tanda tangan digital dengan tanda tangan elektronik menjadi solusi teknologi yang terdepan karena mendokumentasikan perjanjian dan memastikan file sumber yang menyimpan catatan tersebut aman, terjamin, dan dapat diverifikasi. Pengguna akan merasa aman dan nyaman ketika menandatangani dokumen karena caranya yang mudah serta identitas yang terlindungi. Beralih menggunakan electronic signature yang memiliki teknologi keamanan tanda tangan digital adalah strategi yang tepat untuk perusahaan.

 

Seperti itulah perbedaannya. Pastikan perusahaan Anda memiliki keamanan yang baik pada platform electronic signature yang digunakan. Perusahaan akan memenuhi compliance dan pelanggan akan merasa aman menggunakan electronic signature. Jika perusahaan Anda belum menggunakan electronic signature, Anda dapat bekerja sama dengan Phintraco Technology untuk mengimplementasikannya. Phintraco Technology adalah salah satu anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang IT Infrastructure. Solusi yang ditawarkan Phintraco technology salah satunya yaitu solusi electronic signature.

 

Ketahui informasi lebih lanjut mengenai solusi electronic signature dengan menghubungi kami ke marketing@phintraco.com.

 

Referensi:

https://www.onespan.com/blog/electronic-signatures-vs-digital-signatures-defining-difference-infographic

https://www.onespan.com/blog/difference-between-digital-signature-and-electronic-signature

 

Artikel terkait:

Tanda Tangan Elektronik sebagai Solusi Inovatif di Kala Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *