Blog

Perbedaan Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital: Sudah Di Fase Manakah Perusahaan Anda?

17 December 2020 Blog

Sudahkah Anda mengetahui perbedaan antara digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital? Banyak orang yang masih menyamakan arti dari ketiga istilah tersebut. Padahal, ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Di artikel ini, Anda akan mengetahui informasi mengenai perbedaan digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Apa itu digitisasi?

Digitisasi adalah proses mengubah sesuatu yang berbentuk non digital menjadi digital.

Contoh praktiknya:

  • Memindai dokumen kertas dan menyimpannya di hard drive komputer sebagai dokumen digital.
  • Awalnya memanfaatkan kertas untuk mencatat dan melihat data, lalu saat ini sudah beralih ke spreadsheet Excel.

Apa itu digitalisasi?

Digitisasi dan digitalisasi sangat erat kaitannya. Keduanya sering dianggap sebagai istilah yang memiliki arti sama, tapi dalam praktiknya, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Digitalisasi adalah proses membuat atau memperbaiki proses bisnis dengan menggunakan teknologi dan data digital.

Istilah digitalisasi mengacu pada penggunaan teknologi dan data digital untuk meningkatkan bisnis, pendapatan, dan menciptakan budaya digital. Dalam praktiknya, data digital dijadikan sebagai pendukung utama untuk seluruh proses tersebut.

Jika sudah ditahap digitalisasi, perusahaan sudah mampu mengubah proses bisnis menjadi lebih efisien, produktif, dan menguntungkan.

Contoh praktiknya adalah mengunggah data atau informasi ke cloud dan membagikannya ke kolega agar dapat diakses dan dilihat secara bersamaan, lalu dianalisa untuk keperluan bisnis.

Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital adalah proses transformasi aktivitas, proses, dan model bisnis secara keseluruhan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi, mengelola risiko, dan menemukan peluang bisnis baru.

Contoh praktiknya adalah menggunakan aplikasi atau sistem untuk menganalisa data. Tujuannya untuk mendapatkan insight baru yang berguna untuk pengembangan produk dan meningkatkan strategi layanan pelanggan.

Proses ini tidak membutuhkan banyak interaksi manusia karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem. Hasilnya dapat meningkatkan efisiensi dalam hal waktu dan biaya, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan hasil penjualan.

Jadi, apa perbedaan antara digitisasi, digitalisasi, dan transformasi digital?

Digitisasi adalah proses mengubah informasi non-digital menjadi digital. Jika sebuah perusahaan menggunakan informasi digital tersebut untuk meningkatkan bisnis, menghasilkan pendapatan, atau menyederhanakan beberapa proses bisnis, maka itu disebut digitalisasi. Hasil dari proses digitisasi dan digitalisasi disebut transformasi digital.

Digitisasi dan digitalisasi adalah tahap atau bagian dari proses menuju transformasi digital. Transformasi digital mencakup seluruh aspek dalam bisnis, dan penerapannya bukan hanya tentang memanfaatkan teknologi. Sumber daya manusia, teknologi, dan strategi bisnis saling bersinergi untuk menghasilkan bisnis yang lebih baik.

Maka dari itu, transformasi digital yang sukses membutuhkan tahap digitisasi dan digitalisasi yang sukses juga agar benar-benar berhasil mencapai tujuannya.

Jadi, setelah membaca artikel ini, bisakah Anda mengukur sudah di fase mana perusahaan Anda saat ini? Apakah di tahap digitasi, digitalisasi, atau bahkan sudah di tahap transformasi digital?

Phintraco Group, sebagai perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia, berkomitmen untuk selalu berinovasi mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia bisnis digital, dengan pengalaman lebih dari 29 tahun mengimplementasikan solusi IT yang tepat dan inovatif untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Phintraco Group siap membantu Anda untuk menerapkan proses digitisasi, digitalisasi, dan akhirnya secara menyeluruh menerapkan transformasi digital. Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/jasonbloomberg/2018/04/29/digitization-digitalization-and-digital-transformation-confuse-them-at-your-peril/

Leave a Reply

Your email address will not be published.