Blog

Jenis Layanan SMS Gateway yang Dapat Dimanfaatkan untuk Berbagai Keperluan Bisnis

27 November 2020 Blog

SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS. Layanan SMS gateway biasanya dimanfaatkan untuk bisnis, baik untuk keperluan promosi suatu produk atau jasa, pemberitahuan mengenai layanan bisnis kepada pelanggan atau calon pelanggan, dan saat ini juga dimanfaatkan untuk menjaga keamanan informasi dan data pelanggan.

Dengan memanfaatkan layanan SMS gateway, Anda dapat membangun engagement yang baik dengan pelanggan dan calon pelanggan, karena Anda selalu memberikan informasi yang berguna bagi pelanggan untuk mengingat perusahaan atau produk Anda, sehingga secara emosional akan menciptakan ikatan loyalitas yang tinggi. Memanfaatkan layanan SMS gateway juga dapat menjadi “service plus” bagi perusahaan untuk meningkatkan citra positif di mata pelanggan.

Sebagai salah satu SMS Gateway Services Provider di Indonesia, MitraComm Ekasarana menyediakan beragam jenis layanan SMS gateway yang masing-masing memiliki fitur dan manfaat tersendiri untuk berbagai keperluan bisnis suatu perusahaan. Apa saja layanan SMS gateway yang ditawarkan dan apa saja fungsi serta manfaatnya? Berikut penjelasannya:

1. SMS Bulk

Pertama, jenis layanan SMS gateway yang MitraComm tawarkan yaitu SMS Bulk. SMS bulk adalah layanan untuk mengirim pesan singkat dalam jumlah besar ke banyak penerima. Penggunaan SMS Bulk ini dapat menjangkau ribuan target audiens secara cepat. Media pengiriman untuk layanan SMS Bulk yang MitraComm tawarkan ada tiga macam, yaitu SMS Bulk, MMS Bulk, dan USSD Bulk.

SMS Bulk digunakan untuk mengirim jenis SMS berikut:

  • SMS One Time Password (OTP)
  • SMS Notifikasi atau Peringatan
  • SMS untuk Keperluan Promosi atau Kampanye Pemasaran

Informasi lebih lanjut mengenai SMS Bulk dapat Anda baca di sini.

2. SMS Location Based Advertising (LBA)

Selanjutnya, solusi layanan SMS Gateway lainnya yang MitraComm tawarkan adalah SMS Location Based Advertising. SMS LBA adalah metode pengiriman pesan singkat dalam bentuk SMS yang dikirimkan kepada pengguna operator yang sedang berada di lokasi tertentu, dan pesan akan dikirimkan secara real-time. Metode pengiriman SMS ini dapat disesuaikan dengan lokasi spesifik targetnya, seperti pusat perbelanjaan, area kantor, lokasi pameran, perumahan, dan lain-lain.

3. SMS Contextual Advertising

Yang ketiga, MitraComm menawarkan layanan SMS Contextual Advertising. SMS Contextual advertising adalah metode pengiriman iklan secara langsung kepada pelanggan yang kontennya sudah disesuaikan dengan konteks atau kriteria dari website yang sedang dikunjungi.

Cara kerjanya sederhana, ketika pelanggan mengunjungi sebuah website, aktivitas tersebut akan diterjemahkan sebagai micro-moment yang dijadikan landasan oleh sistem untuk mengirimkan iklan dengan media SMS yang sesuai kepada pelanggan. Layanan SMS Contextual ini akan membuat pesan iklan yang ingin disampaikan menjadi lebih relevan kepada pelanggan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya, sehingga diharapkan bisa menjadi media pemasaran yang sangat efektif bagi perusahaan.

4. SMS Targeted

SMS Targeted adalah layanan pengiriman SMS yang dapat disesuaikan kepada siapa SMS tersebut akan dikirimkan, berdasarkan persyaratan dan kriteria tertentu yang dapat ditentukan oleh client. Anda dapat menyaring calon pelanggan yang akan menerima SMS berdasarkan beberapa kriteria, seperti jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal, jenis gadget yg digunakan, dan jumlah pemakaian pulsa pelanggan dalam satu bulan.  SMS akan dikirim jika memenuhi seluruh kriteria yang telah ditentukan.

Layanan SMS Targeted adalah solusi tepat untuk meningkatkan performa bisnis Anda, karena mengirimkan pesan iklan yang sesuai dengan profil pelanggan dapat meningkatkan efektivitas promosi secara maksimal yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan.

5. SMS Interactive Services

SMS Interactive Services adalah salah satu layanan SMS Gateway dari MitraComm yang dapat digunakan oleh client untuk memperkuat engagement dengan pelanggan. Melalui layanan ini, pengguna dapat memberikan pilihan balasan untuk iklan yang dikirimkan kepada pelanggan. SMS Interactive Services ini biasanya digunakan untuk program-program khusus seperti kuis, survei, appointment, dan lain-lain.

Dengan bekerja sama dengan SMS Gateway Services Provider, Anda dapat menjangkau pelanggan yang tepat di saat mereka membutuhkan Anda! Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan SMS Gateway yang ditawarkan MitraComm? Silahkan hubungi kami di marketing@phintraco.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *