Blog

4 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Perusahaan untuk Menghadapi Advanced Threat

29 October 2021 Blog

Serangan siber selalu berkembang dan membuat threats yang sulit untuk ditaklukkan. Para penjahat siber terus mencari celah agar dapat menyerang perusahaan dan dapat meraih untung dari serangan siber yang dilakukan. Perusahaan harus selalu siaga menghadapi serangan advanced threat karena serangan siber dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Serangan advanced threat yang dialami oleh perusahaan sangat bervariasi tergantung pada cakupan serangan, kerentanan perangkat, dan jenis aset yang mungkin menarik penjahat siber. Perusahaan terkadang salah dalam mengambil langkah untuk melindungi sistem dari serangan advanced threat. Cakupan IT yang sangat luas membuat perusahaan kurang mengetahui bagian apa pada sistem IT yang harus diamankan. Namun hal tersebut juga terkadang membuat perusahaan berinvestasi berlebihan dalam mengimplementasikan keamanan siber. Lalu, bagaimana strategi yang tepat untuk perusahaan menghadapi serangan advanced threat saat ini? Mari kita bahas langkah yang tepat untuk perusahaan menghadapi serangan advanced threat.

Hal Penting Yang Harus Disiapkan Perusahaan Untuk Menghadapi Advanced Threat

Kerugian yang didapat jika perusahaan mengalami serangan advanced threat akan sangat besar. Di satu sisi, perusahaan juga jangan melakukan investasi yang berlebihan untuk memiliki solusi keamanan IT yang tepat. Berikut adalah hal penting yang harus disiapkan oleh perusahaan untuk menghadapi advanced threat:

  1. Ukur dan Pantau Efektivitas Keamanan IT yang dimilki

Keamanan IT yang dimiliki perusahaan perlu dilakukan pengukuran agar mengetahui seberapa efektif solusi keamanan IT tersebut mampu melindungi perusahaan dari serangan advanced threat. Pengukuran dilakukan dengan menetapkan metrik. Jika sudah dilakukan pengukuran, akan terlihat langkah yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan, contohnya mungkin akan dibutuhkan perubahan sistem keamanan IT, membuat tambahan keamanan IT, atau bahkan merombak keamanan IT agar dapat melindungi perusahaan dari serangan advanced threat secara penuh.

  1. Lakukan Pendekatan Network-Based

Melakukan pendekatan dengan network based system dapat menguntungkan perusahaan karena sistem keamanan IT akan fokus melihat threats di seluruh jaringan yang tersedia. Perusahaan akan mampu menganalisis semua lalu lintas jaringan, serta end-points, dan semua perangkat yang terhubung ke jaringan.

  1. Terapkan Pertahanan Menggunakan Sistem Life-Cycle

Pertahanan siber yang menggunakan sistem life-cycle akan menerapkan sistem loop tertutup mempelajari life-cycle threats, serta melihat perpindahan data yang terjadi di seluruh jaringan perusahaan Anda. Saat menelusuri threats menggunakan sistem life-cycle, perusahaan Anda dapat mengamati threats dan perilaku threats yang ada dari awal threats masuk hingga akhirnya threats menyerang perusahaan Anda. Hal tersebut akan membuat perusahaan Anda mengetahui jalur yang dilalui threats, sehingga perusahaan dapat mengetahui pola serangan threats yang terjadi dan dapat mencegahnya. Menerapkan pertahanan menggunakan sistem life-cycle akan mengurangi kompleksitas IT dibandingkan dengan menerapkan keamanan siber secara manual terhadap sistem IT yang diperlukan.

  1. Manfaatkan Keahlian Aplikas Servis Pesona untuk Mengoptimalkan Intalasi yang Ada

Tim IT yang dimiliki perusahaan akan sulit memperbarui pengetahuan terkini mengenai keamanan siber karena beban kerja yang banyak. Tim IT Aplikas Servis Pesona merupakan tim ahli yang memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai situasi keamanan siber terkini. Perusahaan Anda perlu meluangkan waktu untuk memperbarui wawasan mengenai sistem keamanan IT terkini agar mengetahui cara terbaik untuk mengonfigurasi sistem yang dimilliki perusahaan sehingga memiliki hasil yang maksimal.

Seperti itulah hal yang perusahaan pastikan untuk dapat melawan ancaman serangan advanced threat. Perusahaan dapat menggunakan solusi Advanced Threat Protection untuk dapat melindungi perusahaan dari serangan advanced threat. Solusi Advanced Threat Protection mampu melindungi sistem IT perusahaan Anda karena dapat melindungi perusahaan dari serangan advanced threat dalam cakupan yang luas.

 

Aplikas Servis Pesona merupakan perusahaan penyedia IT security yang sudah melayani perusahaan ternama lebih dari 18 tahun. Anak perusahaan Phintraco Group, Aplikas Servis Pesona memiliki tim ahli yang berpengalaman di bidangnya.

 

Hubungi kami di marketing@phintraco.com untuk mengetahui informasi dari para ahli mengenai solusi Advanced Threat Protection.

 

Referensi:

https://www.fortinet.com/resources/cyberglossary/advanced-threat-protection-atp

 

Artikel terkait:

Solusi Advanced Threat Protection Melindungi Perusahaan dari Serangan Advanced Threat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *