Tren & Tantangan Menghadapi The Internet of Things (IoT)

/Tren & Tantangan Menghadapi The Internet of Things (IoT)

Tren & Tantangan Menghadapi The Internet of Things (IoT)

The Internet of Things (IoT) sudah menjadi istilah yang biasa didengar dan bukan merupakan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Dimana istilah ini pertama kali ditemukan di tahun 80-an, dan perangkat yang terhubung pun telah mengubah hidup kita dengan banyak cara. Namun, meski pertumbuhannya sangat signifikan, mengintegrasikan perangkat IoT ke dalam kehidupan sehari-hari tidak semudah yang dibayangkan. Karena pasti ada saja tantangannya. Untuk memahaminya secara lebih jelas lagi, maka simak tren & tantangan menghadapi The Internet of Things berikut ini.

Tren

Hands Free

Saat ini, cara yang paling umum untuk dapat berinteraksi dengan perangkat IoT dan elektronik utamanya adalah dengan disentuh. Namun, kemampuan untuk menggunakan suara (voice) pun juga dapat membangkitkan bagaimana cara konsumen dan teknologi dapat berinteraksi. Suara membuat dampak yang signifikan pada kehidupan sehari-hari dan akan terus menjadi lebih menonjol seiring perkembangan teknologi. Seperti yang baru-baru ini dapat kita ketahui, adanya pengenalan perangkat Alexa dan perangkat beranda Google Amazon. Seperti Siri, Cortana dan Assistant sudah digunakan di luar smartphone dan tablet.

Big Data & Machine Learning

Intinya, big data dan IoT saling membutuhkan. Keduanya merupakan tren kuat yang membentuk kembali cara konsumen dan bisnis dapat beroperasi. Namun, nilai IoT untuk perusahaan teknologi besar tidak hanya di perangkat keras, namun juga terletak pada sejumlah besar data yang diproduksi oleh perangkat.

Tantangan

Safety & Security

Dengan lebih banyak perangkat yang terhubung, salah satu elemen terbesar yang perlu ditangani untuk membuat IoT menjadi sukses adalah memastikan perangkat tersebut aman. Sebuah laporan dari Gartner, perusahaan riset dan penasihat Amerika memperkirakan bahwa pada tahun 2017 akan ada 8.4 miliar perangkat yang terhubung dan sebanyak 20 miliar pada tahun 2020. Sebanyak itu pula perangkat yang harus dilindungi dari serangan.

Multiple Devices

Seperti yang kita ketahui bahwa, dengan pertumbuhan eksponensial dari IoT ini berarti akan semakin banyak perangkat yang menggunakan jaringan, yang akan menimbulkan ketegangan yang luar biasa pada jaringan Anda sendiri. Jika jaringan Anda mengalami gangguan, maka akan terjadi penurunan pada layanan bisnis Anda, dimana hal tersebut tidak diinginkan oleh bisnis dan konsumen Anda. Agat IoT dapat berhasil, maka tantangan tersebut harus dapat segera Anda tangani dengan baik.

 

By | 2017-09-20T09:48:17+00:00 August 2nd, 2017|Categories: Blog|Tags: , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US