Tingginya Intensitas Serangan Siber di Tengah Maraknya Transformasi Digital

/Tingginya Intensitas Serangan Siber di Tengah Maraknya Transformasi Digital

Tingginya Intensitas Serangan Siber di Tengah Maraknya Transformasi Digital

Transformasi digital di Indonesia yang berkembang pesat dinilai turut meningkatkan level intensitas serangan siber bagi perusahaan. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya penggunaan perangkat yang menghadirkan konektivitas, sehingga membuat para hacker dapat mengakses informasi sensitif dengan lebih mudah.

Transformasi digital yang dilakukan tentu membawa banyak peluang dan kesempatan baru bagi bisnis menuju kesuksesan. Namun, aksi tersebut juga nyatanya membawa tantangan baru. Salah satunya adalah kebutuhan keamanan terhadap aktivitas digital.

Berikut adalah beberapa perubahan yang akan terjadi karena adanya transformasi digital:

  • Titik masuk serangan semakin luas

Semakin banyak aplikasi, data, dan proses kerja yang beralih ke digital membuka titik masuk baru. Ini semakin memberi banyak peluang bagi hacker. Jumlah titik masuk yang semakin banyak akan membuat tim keamanan IT  kesulitan untuk mengetahui semua kerentanan dan ancaman yang terjadi.

  • Potensi kerugian akan lebih tinggi

Potensi terjadinya kerugian karena adanya peretasan juga akan lebih besar daripada sebelumnya. Kehadiran data yang sangat berharga untuk bisnis saat ini, dan banyaknya perangkat yang terhubung ke internet, membuat peretasan akan terjadi melalui perangkat-perangkat tersebut.

  • Jenis serangan akan semakin canggih

Tidak hanya “cara” dalam meretasnya yang meningkat, tetapi juga jenisnya. Sebelumnya, kami sudah membahas mengenai tren serangan siber yang berpotensi mengancam perusahaan di tahun 2020. Anda dapat mengetahui tentang segala jenis serangan siber yang berkembang saat ini dengan klik link berikut ini: http://phintraco.com/tren-serangan-siber-di-tahun-2020/

Solusi keamanan siber ditengah maraknya transformasi digital

Tingginya intensitas serangan siber dalam beberapa waktu belakangan membuat perusahaan harus semakin menunjukan sikap antisipatif. Berikut solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan:

  • Mengadakan pelatihan untuk staff

Ketidaktahuan staff Anda tentang bahaya dan dampak dari serangan siber dapat menjadi salah satu ancaman terbesar bagi perusahaan. Maka dari itu, pelatihan rutin harus diadakan untuk tim IT security yang berguna untuk meningkatan kinerja. Selain itu, staff lain juga harus diberi pengetahuan mendasar mengenai serangan siber, seperti mengetahui ciri-ciri email phishing.

  • Lakukan pengujian rutin

Lakukan pengujian rutin terhadap sistem untuk mengetahui potensi kerentanan secara menyeluruh dan meningkatkan keamanannya.

  • Mengotomatiskan proses pemantauan keamanan siber

Untuk dapat mengotomatiskan proses pemantauan, Anda membutuhkan solusi keamanan IT yang tepat. Metode otomatis akan memberi banyak manfaat, salah satunya adalah efisiensi waktu. Dengan sistem yang bekerja secara otomatis untuk mendeteksi potensi serangan, maka perusahaan juga dapat melakukan tindakan tepat sebelum serangan tersebut benar-benar menyerang keamanan perusahaan Anda.

Untuk dapat menerapkan solusi-solusi tersebut, Aplikas Servis Pesona, sebagai perusahaan penyedia solusi keamanan IT hadir untuk membantu perusahaan terhindar dari tingginya intensitas serangan siber di tengah maraknya transformasi digital.

Aplikas Servis Pesona menyediakan berbagai solusi keamanan IT seperti: End-to-end IT solutions, Privileged Access Management, Identity Governance and Administration, Data Loss Prevention, Digital Rights Management, File Integrity and Compliance, Next Generation SIEM, Vulnerability Management, Web & Email Isolation, Network Traffic Analytic, Software-Defined Parameter, dan lain-lain. Selain itu, Aplikas Servis Pesona juga menyediakan layanan IT Security Consultant untuk perusahaan berbagai industri. Anda dapat menghubungi tim kami untuk menguji celah kerentanan sistem yang dimiliki perusahaan Anda.

Untuk melindungi informasi sensitif dari serangan siber, Anda membutuhkan pendekatan proaktif, terintegrasi, dan terotomatisasi. Strategi harus terus dikembangkan untuk menyesuaikan cara kerja Anda dengan landscape serangan yang terus berkembang.

Mari ketahui solusi keamanan IT yang dibutuhkan, temukan partner tepat untuk menekan tingkat intensitas serangan siber di perusahaan Anda dengan mengimplementasi solusi keamanan terbaik serta memanfaatkan keahlian tim keamanan IT yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi.

Informasi lebih lanjut:

www.aplikas.com

marketing@phintraco.com

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US