Mengenal Istilah “Augmented Intelligence”

/Mengenal Istilah “Augmented Intelligence”

Mengenal Istilah “Augmented Intelligence”

Ketika memikirkan masa depan hubungan antara manusia dan teknologi, pastinya anda akan diingatkan dengan hadirnya kecerdasan buatan atau lebih umum kita kenal sebagai Artificial Intelligence (AI). Lalu, apa kaitannya antara Artificial Intelligence dengan istilah Augmented Intelligence? Artikel ini akan menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan istilah “Augmented Intelligence”, yang kini telah banyak dibicarakan oleh para ahli teknologi.

Sebelum membahas mengenai istilah Augmented Intelligence, mari mengulik asal mula istilah Artificial Intelligence, yang saat ini lebih “umum” dalam dunia teknologi. Istilah Artificial Intelligence (AI) sudah ada sejak tahun 1956. Namun baru pada tahun 1959, terbukti bahwa teknologi AI dapat bekerja lebih baik dari kemampuan rata-rata yang dimiliki manusia. Saat ini, AI menjadi semakin populer berkat adanya peningkatan jumlah data, algoritma yang canggih, serta penyimpanan komputasi.

Konsep dari Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan  yang ditambahkan pada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Artificial Intelligence dapat didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk menafsirkan data dengan benar, mempelajari data, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu. Dengan kata lain, AI dapat melaksanakan tugas seperti manusia bahkan melampaui kemampuan manusia.

Kehadiran teknologi Artificial Intelligence dianggap banyak membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah, bahkan dengan tanpa adanya campur tangan manusia.

Augmented Intelligence sebagai Konsep lain dari Artificial Intelligence (AI)

Tahukan anda bahwa saat ini sudah ada istilah lain dari Artificial Intelligence, yaitu Augmented Intelligence? Perlu diingat bahwa Artificial Intelligence dan Augmented Intelligence bukanlah kedua teknologi yang berbeda, hanya saja “maksud” dan “tujuan” nya yang berbeda.

Augmented Intelligence adalah konsep lain dari Artificial Intelligence (AI) yang berfokus pada peran dan fungsi teknologi. Istilah Augmented Intelligence menekankan fungsi asli dari teknologi, yaitu teknologi dirancang untuk meningkatkan kecerdasan manusia bukan untuk menggantikannya. Pilihan kata augmented, yang berarti “meningkatkan,” dalam bahasa indonesia, berarti memperkuat dan meningkatkan peran kecerdasan manusia ketika menggunakan machine learning dan algoritma untuk memecahkan masalah.

Saat anda bertujuan untuk membuat sistem bekerja secara cerdas melebihi kemampuan manusia, itu lebih erat kaitannya dengan Artificial Intelligence, sedangkan Augmented Intelligence bertujuan untuk membuat kinerja manusia lebih baik. Sehingga hasilnya lebih maksimal karena mengkombinasikan antara kemampuan manusia dan kemajuan teknologi.

Kini, perspektif para ahli teknologi tentang konsep “AI” yang selama ini diartikan sebagai teknologi yang tujuannya mereplikasi dan melampaui kecerdasan manusia, perlahan mulai bertansformasi. Konsep “Augmented Intelligence” dirasa lebih mewakili fungsi dari adanya teknologi canggih pada era modern, karena sistemnya akan meningkatkan dan menambah kemampuan dan kecerdasan manusia, bukan untuk menggantikannya.

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

By | 2019-09-17T07:08:09+00:00 September 17th, 2019|Categories: Blog|Tags: , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US