Apa Itu ERP dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

/Apa Itu ERP dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Apa Itu ERP dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengelola berbagai aktivitas manajemen proses bisnis dalam suatu organisasi.

Setiap perusahaan dan organisasi menghadapi tantangan yang sama, yaitu untuk selalu kompetitif dalam dunia bisnis, namun di waktu yang bersamaan juga dituntut untuk tetap fleksibel. Untuk menghadapi tantangan tersebut, organisasi membutuhkan solusi yang dapat menyimpan dan mengakses informasi dalam satu platform agar proses bisnis menjadi lebih mudah dan terawasi.

Karena kebutuhan inilah, ERP hadir sebagai solusi yang mengintegrasikan segala fungsi bisnis yang berbeda ke dalam satu sistem dan membuatnya dapat terkoneksi satu sama lain.  Dengan menggunakan ERP, Anda dapat menyederhanakan pekerjaan di setiap departemen.

Mari kita ketahui apa saja manfaat utama yang dapat diperoleh perusahaan jika menggunakan solusi Enterprise Resource Planning:

  1. Memudahkan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional

Keuntungan utama dari penggunaan solusi ERP adalah perusahaan dapat mengatur banyaknya pekerjaan dari beberapa departemen perusahaan dengan satu sistem, seperti untuk finance, HR, purchasing, manufacturing, dan distribution. Satu sistem yang mampu menjangkau beberapa pekerjaan dapat membantu perusahaan mencapai keunggulan operasional.

  1. ERP menghilangkan redundansi

Ketika sebuah informasi masuk ke dalam sistem ERP, sistem akan mendistribusikan informasi tersebut ke semua departemen yang membutuhkannya. Tentu hal ini akan menghilangkan kehadiran informasi yang berulang-ulang, dan sebagai hasilnya akan mengurangi masalah data error.

  1. ERP mengurangi biaya operasional

Tentunya perusahaan selalu menginginkan penggunaan sistem yang efisien, baik dalam segi fungsi maupun biayanya. ERP adalah sebuah software yang membantu untuk mengurangi biaya operasional, karena fitur ERP dapat memusatkan proses bisnis yang berbeda. Maka dari itu perusahaan dapat mengontrol biaya pemasaran, inventory, produksi dan lain-lain.

  1. ERP menyediakan data dan informasi secara real-time

Salah satu manfaat dan keuntungan dengan penerapan solusi ERP adalah adanya data dan informasi yang diperoleh secara real-time. Sangat penting bagi bisnis untuk mendapatkan data dan informasi secara real-time karena laporan bisnis yang akurat akan membantu Anda menghasilkan keputusan terbaik bagi masa depan bisnis Anda. Solusi ERP dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Waktu yang tepat bagi perusahaan menggunakan solusi Enterprise Resource Planning

ERP sangat patut dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar salah satu strategi bisnis di masa depan. Berikut adalah faktor yang dapat dijadikan tolak ukur ketika sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan solusi ERP:

  • Ketika Anda memiliki banyak aplikasi bisnis yang berbeda, tapi semuanya tidak terhubung satu sama lain
  • Ketika perusahaan Anda ingin memulai unit bisnis baru dan mencapai kegiatan operasional yang fleksibel dan efisien
  • Ketika Anda sulit memiliki akses ke data dan informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis
  • Ketika Anda merasa butuh untuk menjaga dan meningkatkan keamanan aset penting (data) bisnis anda

Dilihat dari fungsi dan manfaatnya, ERP adalah solusi yang dapat digunakan untuk berbagai sektor seperti manufaktur, kesehatan, pendidikan, ritel, dan sebagainya. ERP memungkinkan perusahaan dari berbagai industri untuk mengelola seluruh fungsi bisnisnya. ERP dapat dijadikan salah satu strategi bisnis karena dapat menghubungkan pekerjaan administratif dan operasional untuk membantu perusahaan mencapai fleksibilitas dan keunggulan operasional.

Sumber:

http://oracle.netsuite.com/Indonesia-Home

Informasi lebih lanjut:

marketing@phintraco.com

By | 2019-10-16T03:50:20+00:00 October 15th, 2019|Categories: Blog|Tags: , , , , , , , |0 Comments

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US