10 Tips untuk Mengurangi Ancaman Malware

/10 Tips untuk Mengurangi Ancaman Malware

10 Tips untuk Mengurangi Ancaman Malware

Sebagian website rentan terhadap malware. Untuk mengurangi ancaman malware tersebut, Menlo Security memberikan solusi isolation sebagai bagian dari strategi pencegahan malware yang jitu.

Mari kita simak 10 kiat praktis agar terlindung dari ancaman siber:

  1. Use an ad-blocker

Malvertising campaigns sedang meningkat, dan situs iklan biasanya telah disusupi terlebih dahulu untuk mengirimkan ransomware kepada pengguna yang tidak disadari oleh pengguna.

  1. Use the Google Chrome Browser

Di antara browser, Google Chrome memiliki tingkat fokus yang lebih tinggi pada keamanan (security), dan yang lebih penting berisi implementasi Flash yang sangat ketat.

  1. Phishing – Look closely at the URL from any email for special characters, numbers, etc.

Perhatikan baik-baik URL yang dikirimkan dari email mana pun. Jika lembaga keuangan Anda, atau situs dimana Anda memiliki akun di sana, mengirimkan email untuk melakukan ‘password reset’ kepada Anda, lakukan log in langsung ke bank yang bersangkutan.

Hal ini lebih disarankan dibandingkan dengan meng-klik link yang tertera di email tersebut.

  1. Disable or uninstall Flash

Flash diketahui membawa muatan malware yang berbahaya. User tidak memerlukan Flash dan sebagian besar situs saat ini telah beralih ke video HTML5.

  1. Keep the software on your PC, Mac, and Smart Phone up-to-date

Perusahaan sering memperbarui software untuk menjaga kerentanan terhadap malware. Hal ini setidaknya dapat Anda lakukan agar tetap aman.

  1. Do not download PDFs and Word documents from untrusted sources

Ransomware sebagian besar menyebar melalui dokumen-dokumen yang rentan. Jadi jangan mengunduh dokumen PDF dan Word dari sumber yang tidak terpercaya.

  1. Use Google’s free PDF URL converter

Cara yang lebih aman adalah Anda melihat isi dari sebuah PDF tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

  1. Avoid downloading executable and Zip files from untrusted sources

Tidak ada cara yang dapat menjamin keefektifan executable and Zip files. Jika Anda mengunduhnya, Anda layak membayar bitcoin.

  1. Use browser-based web email instead of an email client

Keuntungan utama sebagian besar web mail provider memiliki document previews (seperti Google Docs) yang dapat digunakan untuk melihat dokumen dengan aman tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

  1. Avoid custom apps and extensions, especially from untrusted sources

Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, karena Anda tidak mempunyai cara untuk memverifikasi apakah aplikasi tersebut telah terserang malware atau tidak.

Jika Anda bertanggung jawab sebagai IT Security, periksalah Isolation dari Menlo Security ini untuk membantu melindungi end user Anda terhadap serangan malware, phishing, dan pencurian kredensial (credential theft).

Isolation dapat menempatkan lingkungan eksekusi yang aman dan terpercaya antara end user dan potensi akan adanya sumber ancaman, seperti situs web dan email links. Dengan Menlo, hal ini menjadi mudah dilakukan dan aman tentunya.

Info lebih lanjut: www.phintraco.com | www.aplikas.com | marketing@phintraco.com

Source:

https://www.menlosecurity.com/blog/10-tips-to-reduce-malware-threats

Leave A Comment

GET THE LATEST INFO FROM US